1917, Mahakarya Sinema Persembahan Sam Mendes

1917, Mahakarya Sinema Persembahan Sam Mendes

Ketika kata “taik” sudah keluar dari mulut beberapa kali, padahal film belum sampai 5 menit, dari situ gue tahu kalo Sam Mendes sudah sukses membuat film bagus. Sejak detik pertama ‘1917’ emang udah memaku kedua bola mata gue untuk menatap lurus ke layar, seperti kena guna-guna sihir ilmu hitam. Tapi ini bukan perbuatan dukun santet atau penyihir bertudung lancip, segala ilusi yang nantinya gue tatap selama dua jam ke depan adalah hasil ciptaan si Roger Deakins, sang Master of Light & Shadow.

‘1917’ adalah keajaiban sinema, keajaiban inilah yang membuat gue rindu akan sinema, rindu dibuat takjub layaknya menonton sulap Pak Tarno dengan mantra ajaib bim salabim jadi apa prok-prok-prok. “Taik, gimana caranya?” atau “Anjing, kok bisa!” muncul bergantian seiring gambar demi gambar di film ini mengajak gue semakin dalam, menyeret gue merasakan sebuah horor, sebuah mimpi buruk. Kebrutalan dan kengerian perang yang tervisual realistik, hingga nafas pun terasa tercekik.

Sam Mendes tidak sedang membuat film perang berskala Saving Private Ryan-nya Steven Spielberg, tapi percayalah daya hantamnya begitu maksimal mengena, meski tanpa bam-bim-bum-jedar-jedor dimana-mana. ‘1917’ menurut gue diperlakukan amat personal, film perang yang terasa begitu dekat, seperti gue benar-benar mengikuti Blake dan Schofield dari belakang punggung mereka, melewati segala macam bahaya, dari lorong gelap sempit penuh jebakan hingga jalanan kota yang porak-poranda.

‘1917’ memberikan pengalaman sinematik yang komplit, tidak saja datang dari sisi teknikal yang maha dahsyat–khususnya pergerakan kamera yang membuat film ini terasa seperti satu kali pengambilan gambar yang panjang, tapi juga datang dari George MacKay dan Dean-Charles Chapman yang berlakon luar biasa, hingga gue berhasil diyakini semua di film ini adalah betulan perang. Dari apa yang nantinya terlihat dan terdengar, ‘1917’ telah hadirkan perjalanan tak terlupakan, 2 jam yang mendebarkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s