Srimulat: Hil Yang Mustahal (2022)

Setelah ‘Finding Srimulat’ garapan Charles Gozali yang tayang pada 2013 silam, secara personal gue tentu saja senang grup lawak legendaris yang dikomandani Teguh Slamet Rahardjo ini sekali lagi diboyong ke bioskop, dalam wujud aktor dan aktris yang nantinya dipermak untuk tak hanya serupa wajahnya, tetapi juga dibuat mirip tingkah serta cara bicaranya dengan Asmuni, Nunung, Tarzan, Basuki, Gepeng, bahkan Kabul alias Tessy. Lewat ‘Srimulat: Hil Yang Mustahal’, mereka yang mengenal sekaligus tumbuh bersama candaan-candaan khas kelompok pelawak yang didirikan pada tahun 50-an ini tak saja akan diajak untuk nostalgia, tapi diingatkan lagi betapa kita merindukan dibuat tertawa oleh guyonan mereka, termasuk aksi mata kecolok yang melegenda itu. Bagi yang tak tahu Srimulat, film garapan Fajar Nugros ini adalah kesempatan emas untuk mengenal kehebatan Timbul dan kawan-kawan ketika melawak. Meski bukan orang aslinya, tetapi semangat dan nyawa Srimulat sudah kayak merasuki sepenuhnya ke dalam lakon yang diperankan Bio One, Ibnu Jamil, Teuku Rifnu Wikana, Erick Estrada dan pemain lainnya.

Selama 70 menit duduk di bangku D4, gue tak lagi merasakan sedang menonton layar bioskop, ‘Srimulat: Hil Yang Mustahal’ justru tampak layaknya panggung pertunjukkan yang diciptakan dengan begitu meyakinkan berkat desain produksi yang dibangun rapih dan sungguh-sungguh. Hasilnya seting dan latarnya tak hanya tempelan gambar belaka melainkan ikut bercerita dan membawa kita serasa menjelajah waktu terlempar ke masa lampau. Perhatian Fajar Nugros pada visual dan detail terkecil dalam ‘Srimulat: Hil Yang Mustahal’ adalah salah satu hal terpuji dari film yang hadirkan Dimas Anggara sebagai Timbul ini. Tak sekedar menambahkan daya pikat yang berlipat-lipat, tapi juga menurut gue dengan membuatnya benar, Fajar telah memperlakukan para anggota Srimulat dan legacy-nya dengan penghormatan penuh. Disokong teknikal yang jempolan, nantinya perjalanan dan petualangan Asmuni serta komplotannya di ibukota pun jadi semakin nikmat dan asyik dipandang sampai akhir.

Memilih Teuku Rifnu menjadi Asmuni, Erick Estrada lakoni Tessy, atau Zulfa Maharani sebagai Nunung, barisan pemain ‘Srimulat: Hil Yang Mustahal’, termasuk juga Bio One yang memerankan Gepeng, berpengaruh signifikan dalam menjadikan film biopik ini semakin spesial, selain didukung juga dari sisi teknikal (seperti yang sudah diutarakan sebelumnya). Membuat Elang El Gibran dan kawan-kawan jadi semirip mungkin secara fisik dengan karakter yang diperankannya, tentu saja sangat membantu Fajar Nugros dalam upaya menjaga ilusi yang dibuatnya tetap hidup. Namun mengubah Teuku Rifnu menjadi seperti kembarannya Asmuni, yah bahkan ketika kamera menyorot dari dekat wajahnya yang ditempeli kumis khasnya itu, menurut gue tidaklah cukup. Trik terpenting yang menjadikan transformasi mereka kian sempurna di setiap adegan, tentu terwujud berkat apiknya keahlian berseni peran alias masing-masing bintangnya jago berakting.

Yang sudah mengenal maupun sama sekali enggak tahu siapa itu Asmuni dan gengnya, semua nantinya bakal dipersilahkan masuk ke sebuah universe dengan nama “Srimulat banget”, dimana para penghuninya terlihat bernafas, bergerak dan bercanda layaknya hidup di panggung Srimulat, enggak hanya Srimulatnya sendiri tetapi juga orang-orang di sekitar mereka, bahkan tukang satenya. Meski harus diakui guyonannya tak melulu jenaka, tapi enggak apa-apa karena masih ada kelucuan lain menanti untuk diketawain. Yang penting Fajar Nugros tahu bagaimana membuat aneka humornya tidak egois, bisa menjangkau generasi lawakan oldskul serta yang kekinian dengan tidak menghilangkan identitas komedinya Srimulat yang merakyat dan spontan. Akan ada yang lebih menonjol, tetapi pada akhirnya semua karakter tetap disatukan oleh banyolan recah yang sama, kerecehan yang akan selamatkan Indonesia dengan tawa. Yuk kita ngakak bersama!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s